MAKALAH
TIK
MEMASUKKAN
DATA KE DALAM CELL
Makalah
ini disusun untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah tik
Dosen
Pengampu : Andi Ainunnajib, ST
Disusun
Oleh :
Ayi
Siddiq Nugraha
Hendri
Irawan
Icep
Irham Fauzan Syukri
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM
CIAMIS-JAWA BARAT
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM
CIAMIS-JAWA BARAT
2015
KATA PENGANTAR
Pujisyukur kita panjatkan
kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita
semua, khususnya kami sehingga dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan menyusun
makalah mengenai Memasukkan data ke dalam cell. Shalawat dan salam semoga
selalu terlimpah curahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas kelompok
mata kuliah TIK. Kami ucapakan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah
ini Bapa Andi Ainunnajib, ST. yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun
makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini penulis yakin masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, penulis harap kepada pendidik khususnya dan mungkin juga pembaca umumnya untuk
memberikan saran dan kritik, dalam rangka penyempurnaan makalah ini. penulis ucapkan terimakasih.
Hanya kepada Allah SWT kita memohon dan berlindung. semoga
makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Ciamis, Oktober 2015
Penyusun
|
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Formula
merupakan pernyataan yang digunakan untuk melakukan operasi matematika
(penjumlahan, Pengurangan, perkalian, pembagian, dll) dalam Microsoft excel.
Fungsi merupakan formula yang telah didefinisikan atau ditetapkan sebelumnya
dan tersedia di excel.
Saat
kita bekerja menggunakan Microsoft Office Excel, kita dapat menghitung data
dengan menggunakan rumus yang dibentuk dari operator data atau terdiri dari
beberapa fungsi. Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi yang dapat kita
gunakan dalam rumus.
Rumus
yang akan kita bentuk dapat ditulis pada bagian formula bar atau dengan
menggunakan fasilitas Function Wizard MS Excel. Dalam Microsoft Excel, kita
dapat mengawali penulisan rumus dengan tanda = (sama dengan).
1.2.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana
cara memasukkan data ke dalam cell?
2. Bagaimana
cara mengatur format tampilan?
3. Bagaimana
cara menggunakan rumus, fungsi dan fasilitas bantu?
4. Bagaimana
cara mengatur format tampilan angka tanggal waktu dan huruf?
1.3.
Tujuan
1. Bagaimana
cara memasukkan data ke dalam cell?
2. Bagaimana
cara mengatur format tampilan?
3. Bagaimana
cara menggunakan rumus, fungsi dan fasilitas bantu?
4. Bagaimana
cara mengatur format tampilan angka tanggal waktu dan huruf?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Cara Input (Memasukkan) Data
Manual pada cell di Microsoft Excel
A.
Input (memasukkan)
data secara manual pada cell worksheet Microsoft Excel.
Kita dapat memasukkan angka (baik
angka utuh maupun desimal), teks, tanggal maupun waktu(jam)dalam satu cell.Kita juga bisa memasukkan data pada beberapa cell sekaligus.
Sebuah file Microsoft Excel adalah merupakan Workbook. Jika kita ibaratkan dia
adalah sebuah buku. Dalam Workbook terdiri dari worksheet (lembar kerja) atau
spreadsheet. Worksheet bisa kita ibaratkan lembaran-lembaran atau
halaman-halaman dalam sebuah buku.Dalam sebuah worksheet, terdiri dari cell
cell yang diatur dalam kolom dan baris. Pada cell cell itulah kita
memasukkan(input) data.
B.
Memasukkan (input)
angka atau teks
Pada
worksheet,klik sebuah cell. Tuliskan angka atau teks yang mau diinput. Kemudian
tekan Enter atau Tab.Kalau kita ingin ganti baris tapi tetap dalam cell yang
sama, sehabis input data tekannya Alt+Enter.
Note
:
Pada settingan awal di Microsoft
Excel, dengan tekan Enter, maka akan berpindah ke cell dibawahnya. Sedangkan
dengan tekan Tab setelah input data, maka pilihan cell akan berpindah kekanan.
Sehingga kita bisa menyesuaikan tekan Enter atau Tab.
Pada saat kita menginput data dalam
format angka,ada kemungkinan akan terlihat seperti ini ###### . Maka kita
tinggal memperlebar kolom supaya angka terlihat semua.Untuk input angka yang
tidak dimanfaatkan dalam perhitungan Excel(perhitungan matematika) contohnya No
telepon(No Hp) kita bisa format kedalam format teks(text) saja.
C.
Memasukkan(input)
data yang sama dalam beberapa cell sekaligus.
Kita bisa input data dalam beberapa
cell atau range cell sekaligus dalam satu waktu jika data yang kita masukkan
sama. Berikut ini cara memasukkan data yang sama dalam waktu bersamaan :
1)
Pilih cell, range cell yang akan kita
isi dengan data yang sama.
2)
Dari gambar di samping, kita akan
memasukkan data yag sama pada cell A1 sampai A10 maka kita pilih A1 sampai A10
3)
Langsung saja,tuliskan data yang akan
kita masukkan, misalnya pada gambar disamping kita akan memasukkan kata
"Wahyudi". Sehabis kita pilih cell langsung saja ketikkan kata yang
dimaksud. Terus tekan Ctrl + Enter.
4)
Maka, hasilnya seperti gambar di
samping. Data yang kita ketikkan telah terinput di cell A1 - A10.
2.2
Mengatur border dan tampilan cell yang lain (Excel 7)
Untuk mengatur tampilan dan format
dari cell dapat dilakukan dengan cara:
·
Klik tab Home
·
Pilih kategori
Cells
·
Klik tombol
Format
Pilih Format Cells (atau dapat juga
dengan menekan tombol Ctrl+1). Sehingga akan ditampilkan
kotak dialog format cell.
1. Numbering
Digunakan untuk mengatur format angka dari cell. Terdapat 12 pilihan kategori jenis angka antara lain : General, Number, Currency, Accounting, Date, Time, Percentage, Fraction, Scientific, Text, Special, Custom.
Digunakan untuk mengatur format angka dari cell. Terdapat 12 pilihan kategori jenis angka antara lain : General, Number, Currency, Accounting, Date, Time, Percentage, Fraction, Scientific, Text, Special, Custom.
2. Alignment
Digunakan untuk mengatur perataan dari cell. Terdapat 4 buah pengaturan :
Digunakan untuk mengatur perataan dari cell. Terdapat 4 buah pengaturan :
a.
Text
alignment
Digunakan untuk mengatur perataan teks,terdapat 2 buah opsi
pengatura yaitu: Horizontal : Perataan secara horizontal, dan Vertical :
Perataan secara vertical.
b.
Text
control
Wrap text : Membuat teks mengikuti ukuran lebar cell
Shrink to fit : Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell
Merge cells : Menggabungkan cell
Shrink to fit : Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell
Merge cells : Menggabungkan cell
c.
Right-to-left
Text Direction : Mengatur arah penulisan teks
Text Direction : Mengatur arah penulisan teks
d.
Orientation
Mengatur derajat kemiringan dari teks.
Mengatur derajat kemiringan dari teks.
3. Font
Digunakan untuk mengatur karakter huruf dari cell. Terdapat 6 buah pengaturan :
Digunakan untuk mengatur karakter huruf dari cell. Terdapat 6 buah pengaturan :
1.
Font. Digunakan untuk memilih jenis
huruf yang diinginkan.
2.
Font
Style.
Digunakan untuk memilih gaya penulisan (tergantung font),terdiri dari:
·
Regular
·
Italic
(cetak miring) (Ctrl+I)
·
Bold
(cetak tebal) (Ctrl+B)
·
Bold
Italic (cetak tebal dan miring)
3.
Size. Digunakan untuk mengatur ukuran
huruf.
4.
Underline. Digunakan untuk mengatur garis
bawah huruf.
5.
Color. Digunakan untuk mengatur warna
huruf dan garis bawah.
6.
Effects. Digunakan untuk memberi efek
huruf, terdiri dari:
·
Strikethrough
: efek coretan
·
Superscript
: huruf berukuran kecil diatas karakter umum (seperti pangkat)
·
Subscript
: huruf berukuran kecil dibawah karakter umum.
·
Line. Digunakan untuk mengatur jenis
garis
·
Color. Digunakan untuk mengatur warna
garis
·
Presets
:
-
None
: tanpa bingkai
-
Outline
: memberi garis luar cell/range.
-
Inside
: memberi garis dalam cell/range
·
Border
Digunakan untuk memberi garis sesuai arah yang diinginkan.
Digunakan untuk memberi garis sesuai arah yang diinginkan.
Digunakan
untuk memberi warna cell. Terdapat 3 buah pengaturan :
Backgroud
Color.
Digunakan untuk memilih warna latar belakang cell. Tombol, pilihan Fill Effect
digunakan untuk memberi warna dengan efek tertentu.
Pattern
Color.
Digunakan untuk memilih warna arsiran dari cell
Pattern Style. Digunakan untuk memilih jenis
arsiran untuk cell
6. Protection
Digunakan untuk melindugi isi cell dengan mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell.
Digunakan untuk melindugi isi cell dengan mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell.
2.3
Cara Menulis Rumus Excel
Sebelum
mengenal rumus-rumus excel 2007, hal pertama yang perlu Anda ketahui
adalah bagaimana menuliskan rumus excel agar bisa benar.
Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung.
1)
Letakkan penunjuk sel pada sel tempat
hasil rumus akan ditampilkan.
2)
Pada formula bar, ketikkan =
5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.
Note
: Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek
serta angkanya tetap.
Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
1)
Letakkan penunjuk sel pada sel tempat
hasil rumus ditampilkan.
2)
Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu
tekan tombol enter.
Note
: Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.
Cara
3: Menulis rumus dengan bantuan mouse
1)
Letakkan penunjuk sel pada sel tempat
hasil rumus akan ditampilkan.
2)
Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel
C4. 3) Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5. 5) Tekan tombol enter
Note
: Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil
kemungkinan salah ketik alamat sel.
2.4
Menggunakan rumus fungsi
No
|
Operator
|
Fungsi
|
Contoh Penggunaan
|
1
|
+ (ikon plus)
|
Penjumlahan
|
=A1+A2
|
2
|
- (ikon minus)
|
Pengurangan
|
=A3-A4
|
3
|
* (ikon bintang)
|
Perkalian
|
=A5*A6
|
4
|
/ (ikon garis miring)
|
Pembagian
|
=A7/A8
|
5
|
^ (ikon caret)
|
Pangkat
|
=A9^2 (angka berapapun yang
berada di cell A9 akan dipangkat 2
|
6
|
% (ikon persen)
|
Prosentase
|
=A1*10% (gunakan sesuai
dengan kebutuhan)
|
Setelah mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan
bisa memulai menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas
rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi
perkantoran.
1. Fungsi
Average
Fungsi ini digunakan untuk
mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum
penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya
untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya
adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
2.
Fungsi Sum
Fungsi SUM digunakan untuk
menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana
number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan
dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka
rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
3.
Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk
mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum
penulisannya adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya
untuk mencari nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah
=MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
4.
Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan
dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal
maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data
numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai
tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data
E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
5.
Fungsi Count
Fungsi Count digunakan untuk
menghitung jumlah data dari suatu range yang kita
pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung
jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data
E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
6.
Fungsi Logika IF
Fungsi ini digunakan jika data
yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka
hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh
operator relasi (pembanding) seperti berikut:
Lambang Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama
dengan
>= Lebih besar atau sama
dengan
<> Tidak sama dengan
Bentuk umum penulisan fungsi
ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau ekspresi logika
(logical_test) bernilai benar, maka perintah pada value_if_true akan
dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false yang
akan dilaksanakan. Perhatikan contoh berikut:
Kolom keterangan diisi dengan
ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K, maka keterangannya KAWIN, jika
tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini dapat diselesaikan dengan
rumus =IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”). Pada rumus diatas Kita
lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik harus diapit oleh tanda
kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak boleh menggunakan tanda
kutip. Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa kondisi/bertingkat (IF Bertingkat)
seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak perlu khawatir, langsung saja
perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah kanan. =IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))),
hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan
ketentuan, Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT
MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka
bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”.
2.5
Mengatur
Format Tampilan Angka, Tanggal, waktu, dan Huruf
Penulisan tangan
merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Problem utama penulisan
tanggal adlah masalah letak hari dan bulan, apakah bulan ditulis lebih dulu,
atau hari yang lebih dulu. Sebagai contoh tampilan tanggal ¾ dapat memberikan
arti yang berbeda (ambiguitas). Apakah tanggal tersebut berarti 3 april 2012,
ataukah 4 maret 2012? Tergantung dari kebiasaan yang digunakan. Bila menulis
hari lebih dulu maka tanggal tersebut adalah 3 april 2012, tetapi bila
penulisan bulan lebih dulu maka tanggal tesebut adalah 4 maret 2012.
Secara default.
Penulisan tanggal di microsoft excel dimulai dengan bulan lebih dulu. Oleh
karena itu yang dimaksud dengan 3/4/2012 adalah tanggal 4 maret 2012. Dengan
demikian bila kita butuh ditampilkan dengan format yang biasa kita gunakan
(hari lebih dulu) maka kita tinggal mengubah dan mengatur format untuk sel
tersebut. Microsoft excel merberikan kemudahan dalam hal pengaturan format sel
untuk tampilan yang akan kita gunakan sehingga kita bisa merubah berbagai jenis
penampilan tanggal di layar, termasuk untuk menampilkan nama hari dan nama
bulan secara panjang maupun pendek. Untuk mengatur format tanggal untuk sel di
microsoft excel anda dapat menggunakan langkah berikut :
1.
Isikan tanggal pada sebuah sel, misalkan 3/4/12.
2.
Selanjutnya klik kanan pada sel tersebut lalu pilih format
3.
cells.
4.
Pada dialog format cells, pilih tab number.
5.
Kemudian pilih salah satu format yang akan digunakan
6.
dalam menampilkan tanggal.
7.
Klik tombol ok.
8.
Format tanggal kini telah berubah sesuai dengan pilihan
9.
anda.
BAB III
KESIMPULAN
·
Untuk mengatur tampilan dan format dari cell
dapat dilakukan dengan cara:
® Klik tab Home
® Pilih kategori
Cells
® Klik tombol
Format
® Pilih Format
Cells (atau dapat juga dengan menekan tombol Ctrl+1). Sehingga akan ditampilkan
kotak dialog format cell.
·
Dalam kotak dialog format cell, terdapat 6 buah
tab pilihan format, yaitu :
® Numbering
® Alignment
® Font
® Border
® Fill
® Protection
·
Cara Menulis Rumus
Excel
®
Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka
langsung.
1.
Letakkan penunjuk sel pada sel tempat
hasil rumus akan ditampilkan.
2.
Pada formula bar, ketikkan =
5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.
®
Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan
alamat sel
1.
Letakkan penunjuk sel pada sel tempat
hasil rumus ditampilkan.
2.
Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu
tekan tombol enter.
®
Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse
1.
Letakkan penunjuk sel pada sel tempat
hasil rumus akan ditampilkan.
2.
Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel
C4. 3) Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5. 5) Tekan tombol enter
DAFTAR
PUSTAKA
·
http://septian-septiandwicahyo.blogspot.co.id/2011/06/untuk-mengatur-tampilan-dan-format-dari.html
MAKALAH TIK MEMASUKKAN DATA KE DALAM CELL
Reviewed by Hendri
on
17.38
Rating:
infonya sangat bermanfaat bagi ane
BalasHapusMesin pemisah lcd touch